Jenis-jenis PBK

Jenis – Jenis PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer)

Ada 4 jenis PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer) yaitu:
  • Tutorial (Penjelasan)
Jenis PBK tutorial atau penjelasan digunakan untuk menyampaikan suatu materi pembelajaran, jadi komputer menyampaikan materi sesuai denag bahan ajar yang telah ditentukan.
  • Drill and Practice (Latihan dan Praktik)
Jenis Drill and Practice (Latihan dan Praktik) digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dan mempraktekkan pengetahuan mereka, sehingga pembuatannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Dalam hal ini, siswa bertugas menjawab soal setelah selesai menjawab seluruh soal komputer  memberikan feedback, atau juga memberi feedback setelah menjawab satu soal sebelum beralih ke soal berikutnya.
  • Simulation (Simulasi)
Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga siswa merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak  digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau  memerlukan biaya tinggi dan pada perangkat ajar simulasi siswa dihadapkan pada situasi yang mirip  dengan kehidupan nyata
  • Games (Permainan)
Pada dasarnya, jenis PBK ini tepat jika diterapkan pada siswa yang senang bermain. Bahkan, jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan metode belajar sambil bermain, maka jenis ini akan sesuai dengan keinginan siswa, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami suatu pembelajaran.
Karakteristik PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer)
  • Karakt eristik umum
Karakteristik umum adalah sifat umum yang ada di setiap model pembelajaran, sehingga masing-masing model pun selalu ada dan melekat pada karakteristik umum ini.
  • Karakteristik khusus
Karakteristik khusus adalah karakteristik pengajaran berbantuan komputer yang mengacu pada masing-masing model. Sehingga akan didapatkan karakteristik yang berbeda-beda pada masing-masing model pembelajaran.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FT-Universitas Negeri Malang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger